Senin, 16 September 2013

Laporan Field Trip Republika On Line

Oleh: Santi Utami Dewi

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Medòë adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan (Sadiman et al., 2006: 6). Sedangkan belajar adalah suatu proses yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejak dari bayi sampai ke liang lahat nanti.

Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran/media dan penerima pesan adalah komponen-komponen proses komunikasi. Pesan yang akan disampaikan adalah isi ajaran atau didikan. Sumber pesannya bisa guru, penulis, atau produser media. Salurannya adalah media pembelajaran/pendidikan dan penerima pesannya adalah bisa siswa, guru, atau masyarakat secara umum.

Media pembelajaran mempunyai peran yang strategis dalam menentukan keberhasilan pembelajaran itu sendiri. Kesalahan dalam pemilihan media akan berakibat pada tidak sampainya pesan yang disampaikan melalui pembelajaran tersebut. Dengan kata lain, peran media pembelajaran sebagai alat komunikasi dari pemberi pesan kepada penerima pesan, sangat ditentukan oleh karakteristik media pembelajaran itu sendiri.

Media pembelajaran sangat beraneka ragam. Secara garis besar, media pembelajaran dibagi atas tiga macam, yaitu: (1) media visual, (2) media audio, dan (3) media audio visual (Anitah, 2010: 2). Tetapi seringkali kita mendengar istilah multimedia. Multimedia diartikan sebagai penggunaan berbagai jenis media secara berurutan maupun simultan untuk menyajikan suatu informasi. Multimedia saat ini sinonim dengan format computer-based yang mengombinasikan teks, grafis, audio, bahkan video ke dalam satu penyajian digital tunggal dan koheren (Anitah, 2010: 57).

Kemajuan teknologi pun berpengaruh terhadap pemilihan dan pengembangan media pembelajaran. Seiring dengan munculnya teknologi-teknologi baru, maka pemilihan dan pengembangan media pembelajaran pun semakin beragam. Namun teknologi baru tidak selalu baru; tergantung kepada perkembangan teknologi sebelumnya dan aplikasinya (Burton, 2005: 198).

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran adalah jangkauan media itu sendiri terhadap sasaran warga belajar. Dengan menggunakan multimedia yang menggunakan teknologi internet, jangkauan menjadi lebih luas. Hal ini sangat berguna sekali untuk mencapai warga belajar yang tersebar luas di berbagai tempat.

Web yang merupakan bagian dari internet, merupakan sebuah alat dan metode dalam penyampaian materi pembelajaran dan instruksi. (Alessi and Trolip, 2001: 372). Lebih tepatnya, web merupakan metodologi untuk pengembangan lingkungan belajar, yang didesain dengan menggunakan metodologi hipermedia yang merupakan metodologi untuk lingkungan pembelajaran konstruktivis.

Media massa online adalah salah satu alternatif media pembelajaran bagi masyarakat yang mampu menjangkau warga belajar yang tersebar di berbagai tempat. Salah satu media massa online yang ada di Indonesia adalah Republika On Line.

Untuk memperdalam pengetahuan mengenai media pembelajaran, maka pada tanggal 1 Desember 2010, penulis beserta mahasiswa peserta mata kuliah Media Pembelajaran lainnya melakukan kunjungan ke kantor redaksi Republika On Line sebagai salah satu media massa yang digunakan sebagai media pembelajaran multimedia berbasis web dan hipermedia bagi masyarakat luas.




B. Tujuan

Berdasarkan latar belakang di atas, adapun tujuan observasi lapangan dalam mata kuliah Media Pembelajaran adalah untuk mengetahui:

1. Nama dan alamat kantor media tersebut

2. Riwayat dan sejarah singkat

3. Struktur organisasi lembaga.

4. Isi Media Secara Umum

5. Kajian Media Republika On Line sebagai Media Pembelajaran Bagi Masyarakat



II. HASIL OBSERVASI


A. Nama dan alamat kantor media

Media yang dimaksud bernama Republika On Line, yang beralamat di Graha Pulo Jl. Warung Buncit Raya No.89, Jakarta 12740, telepon (021) 7994249, fax. (021) 7984376, web: www.republika.co.id.


B. Sejarah dan Perkembangan

Sejarah

Surat kabar Republika didirikan oleh mantan wartawan Tempo yang bernama Zaim Uchrowi. Mulai terbit perdana pada tanggal 4 Januari 1993. Pertama kali terbit tampil dengan "Desain Blok" (modular lay out) yang tak lazim, yang kini diikuti oleh semua surat kabar di Indonesia. Republika pun memperoleh gelar juara pertama Lomba Perwajahan Media Cetak 1993. Tahun 1995, membuka situs surat kabar pertama dan situs berita pertama di Indonesia. Tahun 1997, menjadi yang pertama mengoperasikan Sistem Cetak Jarak Jauh ( SCJJ ). Republika adalah salah satu surat kabar pertama yang menerbitkan halaman khusus daerah. Pada 31 Januari 2000, Republika menjadi surat kabar pertama yang melakukan resizing. Pada umumnya surat kabar di Indonesia menggunakan kertas ukuran sembilan kolom. Hal ini terlalu lebar dan tidak ergonomis. Di dunia pada umumnya, surat kabar telah berubah ke ukuran tujuh kolom. Agar pembaca tidak terkejut, maka Republika memulai perubahannya dengan ukuran delapan kolom. Ketika seluruh surat kabar pada 2005 berubah ke delapan kolom, maka pada 2 Januari 2006 Republika berubah ke tujuh kolom. Pada 2 Januari 2009 surat kabar terbesar yang ada di Indonesia juga kemudian berubah ke tujuh kolom seperti Surat kabar Republika. Tahun 2006, mulai edisi September, Republika memberikan sisipan gratis majalah olahraga Arena. Ini merupakan hal yang pertama pula bagi pers Indonesia membeli surat kabar mendapat majalah. Di Amerika Serikat, hal itu sudah lazim dan wajar. Misalnya The New York Times memberikan sisipan majalah umum The New York Times Magazine dan majalah olahraga Play. Republika juga merupakan surat kabar pertama yang telah listing di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan sejak awal menjadi perusahaan terbuka sampai sekarang ini. Hingga kini, Republika telah mengalami berkali-kali pergantian pemimpin redaksi. Pemimpin redaksi yang pertama adalah Parni Hadi, lalu Andi Makmur Makka, Zaim Uchrowi, Tommy Tamtomo, Yayat Supriyatna, Asro Kamal Rokan, dan saat ini adalah Ikhwanul Kiram Mashuri.

Perkembangan

Republika merupakan surat kabar nasional yang dilahirkan oleh kalangan komunitas muslim bagi publik di Indonesia. Kehadiran Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia saat itu dapat menembus pembatasan ketat pemerintah untuk izin penerbitan. Penerbitan tersebut merupakan puncak dari upaya panjang kalangan umat Islam, khususnya para wartawan profesional muda yang ada pada saat itu. Surat kabar ini terbit di bawah bendera perusahaan PT Abdi Bangsa yang mayoritas saham dimiliki oleh kelompok Mahaka Media yang salah satu orang dari kelompok itu adalah BJ Habibie, mantan Presiden RI. Pada akhir tahun 2000 PT Abdi Bangsa menjadi holding company, dan Republika berada di bawah bendera PT Republika Media Mandiri, salah satu anak perusahaan PT Abdi Bangsa. Di bawah bendera kelompok Mahaka Media, Republika juga menerbitkan majalah Golf Digest, surat kabar berbahasa mandarin Harian Indonesia, majalah Parents, majalah a+, radio Jak FM, dan JakTV. Kelompok Mahaka Media juga melakukan kolaborasi dengan kelompok radio Prambors, terutama radio Female dan Delta. Pada tahun 2006 terjadi kerjasama yang antara surat kabar Republika dengan surat kabar asing dan menerbitkan majalah-majalah panduan yang dibutuhkan masyarakat umum pada waktu itu diantaranya adalah bekerjasama dengan The New York Times untuk menerbitkan kolom tanya jawab WINNING bersama Jack & Suzy Welch tentang manajemen, bekerja sama dengan surat kabar Berita Harian yang terbesar di Malaysia, menerbitkan majalah World Cup 2006, menerbitkan majalah Cahaya Ramadhan dan majalah panduan Haji.

Walaupun berganti kepemilikan, surat kabar Republika tidak mengalami perubahan visi maupun misinya. Namun ada perbedaan gaya dibandingkan dengan sebelumnya. Sentuhan bisnis dan independensi Republika menjadi lebih kuat. Karena itu secara bisnis, Surat kabar Republika terus berkembang pesat, menjadi makin profesional dan matang sebagai surat kabar nasional untuk komunitas umat muslim di indonesia.


C. Struktur organisasi lembaga

Berikut ini adalah struktur organisasi Republika On Line Tahun 2010:



Isi Media secara umum
Menu dalam Republika On Line terdiri dari beberapa kolom, yaitu:


1. Home
Home ini merupakan halaman yang langsung diarahkan ketika kita mengakses www.republika.co.id. Di sana akan terlihat kolom-kolom, berita pilihan dan terpopuler dan berita terbaru serta shortcut kolom, misalnya: shortcut kolom Dunia Islam.
2. Breaking News
Kolom ini diantaranya berisi berita-berita terbaru. Terdiri dari beberapa subkolom, yaitu: Nasional, Internasional, Politik, Hukum, Ekonomi, Metropolitan, Nusantara, Kesehatan, Lingkungan, dan Seni & Budaya.
3. Bisnis Syariah
Kolom ini berisi informasi tentang bisnis dan keuangan yang sesuai syariah Islam. Berisi sub kolom: Berita, Keuangan-Perbankan, Asuransi, BMT, Direktori, Kamus, dan Klinik Syariah.
4. Dunia Islam
Kolom ini berisi informasi seputar dunia Islam, mulai dari masalah halal, kondisi Islam di dalam dan luar negeri, bahkan sampai masalah haji. Terdiri dari sub kolom: Info Halal, Islam Mancanegara, Islam Nusantara, Ustadz Menjawab, Mualaf dan Umroh-Haji.
5. Ensiklopedia Islam
Kolom ini menyediakan informasi mengenai pengetahuan tentang Islam. Disajikan dengan menyediakan sub kolom: Doa harian, Fatwa, Hikmah, Islam Digest, Khazanah, Nama Islami, Pesantren, dan Pustaka.
6. Gaya Hidup
Kolom ini menyajikan informasi seputar gaya hidup, yang terdiri dari sub kolom: Fashion, Ibu dan Anak, Info Sehat, Kuliner, Parenting, Tips Sehat, dan Travelling.
7. Pendidikan
Kolom yang berisi informasi seputar dunia pendidikan ini melayani pembacanya dengan menyajikan sub kolom: Berita, Konsultasi Pendidikan, Guru Kreatif, Direktori, dan Olimpiade.
8. Senggang
Republika On Line juga memanjakan pembacanya dengan berita ringan yang disajikan pada kolom yang berisi seputar informasi pengisi waktu luang ini, yang menyajikan sub kolom: Film-Musik, Pustaka, Sosok, dan Waktu Luang.
9. Olah Raga
Kolom ini khusus untuk pecinta olahraga, yang di dalamnya terdapat subkolom: Asian Games 2010, Balap, Basket, Olahraga Lain, Raket, Tinju, danVoli.
10. Sepak Bola
Kolom ini menyajikan informasi khusus mengenai persepakbolaan yang banyak diminati oleh masyarakat, terdiri dari sub kolom: Bolamania, Klasemen, Liga Dunia, Liga Inggris, Liga Indonesia, Liga Italia, dan Liga Spanyol
11. Trendtek
Di sini disajikan informasi seputar teknologi yang disampaikan dalam sub kolom: Aplikasi, Elektronika, Gadget, Sains, dan Telekomunikasi.
12. Otomotif
Di sini disajikan informasi seputar dunia otomotif, yang ditampilkan dalam sub kolom: Berita Otomotif, Mobil, dan Motor.
13. Forum
Merupakan kolom khusus yang digunakan diantaranya untuk mewadahi inspirasi pembaca dalam bentuk forum.


Kajian Republika On Line sebagai media pembelajaran bagi masyarakat
Sebagai media pembelajaran yang menampung informasi dalam jangka waktu yang lama dan dapat diakses kapan saja, maka penulis mencoba mencermati bagaimana Republika On Line menjalankan fungsi seperti itu.

Keunggulan dari Media Berita Online adalah mereka lebih diutamakan pembaca di internet sebagai rujukan atas berbagai informasi yang lebih adekuat dibandingkan website-website yang spesifik. Hal ini ditunjang oleh kredibilitas harian cetak yang menaungi media on line ini. Oleh karena itu, sebagai media berita on line yang kuat bobot keislamannya, tidak heran Republika pun menjadi salah satu rujukan informasi dan pengetahuan keislaman, selain informasi dan pengetahuan yang bersifat lebih umum.

Kami mencermati hal ini dengan memilih menu (kolom) yang lebih banyak bersifat informasi atau pengetahuan, dibandingkan berita, dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Pengetahuan Keislaman

Menu Bisnis Syariah
Bisnis Syariah membahas lebih banyak tentang pendekatan ekonomi islam dalam prakteknya, termasuk di dalamnya ekonomi syariah, bank syariah, asuransi dan seterusnya. Bagian dari menu ini yang kuat unsur informasi dan pengetahuan adalah :

· Kamus (istilah bisnis syariah)

· Klinik Syariah ( pusat informasi perihal bisnis syariah)

Dunia Islam
Berbeda dengan bisnis syariah yang lebih banyak membahas tindakan ekonomi, maka dunia Islam lebih banyak membahas Islam secara umum. Yaitu :

· Info Halal

· Ustadz Menjawab (pembaca boleh bertanya tentang ajaran Islam)

Ensiklopedia Islam
Sesuai dengan namanya, kolom ini banyak mengurai referensi-referensi penting tentang Islam :

· Doa harian

· Fatwa

· Hikmah

2. Pengetahuan Umum / Praktis

Gaya Hidup
Lebih banyak membahas tentang segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari.

· Ibu dan Anak (membahas penanganan bayi dan anak)

· Info Sehat (tips-tips singkat menjaga kesehatan)

· Parenting

· Tips Sehat

Pendidikan
· Konsultasi Pendidikan










DAFTAR PUSTAKA


Alessi, Stephen M. & Trollip, Stanley R. 2001. Multimedia for Learning, Methods and Development, Third Edition. USA: A Pearson Education Company.

Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Burton, Graeme. 2005. Media and Society, Critical Perspectives. New York: Open University Press.

Iswayudi. 2009. Republika versus Suara Pembaruan. http://iswayudi.blogspot.com/. [03 Desember 2010]

Sadiman, Arief et al. 2006. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

www.republika.co.id.

1 komentar: